Perusahaan Terbaik Smartphone China

Perusahaan Terbaik Smartphone China – Industri teknologi telah mengalami perombakan besar pada tahun 2020 karena pandemi yang melumpuhkan ekonomi global. Sementara pemain datang dan pergi dalam industri smartphone yang bergerak cepat dan selalu berubah, Beberapa perusahaan smartphone China ini, muda dan selalu hijau, menonjol dengan hasil yang luar biasa di tengah krisis dan ketidakpastian.

Berikut ini telah disusun daftar beberapa perusahaan smartphone China teratas yang telah memperoleh pengaruh signifikan dan menciptakan nilai di luar negeri. Dari 5G hingga peluncuran ponsel baru dan peralatan inovatif, bisnis ini terkesan dengan teknologi solid mereka dan kehadiran global yang berkembang.

1. Honor

Perusahaan Terbaik Smartphone China

Honor didirikan pada tahun 2013 oleh Huawei sebagai upaya untuk memasuki pasar smartphone kelas menengah ke bawah, yang telah diambil alih oleh Xiaomi. Lini smartphone hemat biayanya terutama menargetkan kaum muda, dan dengan lebih dari 70 juta pengiriman smartphone tahunan, Honor adalah merek populer di China dan di pasar global, di mana ia bersaing dengan Xiaomi, Oppo, dan vivo. Bisnis Honor menyumbang 26% dari 55,8 juta total pengiriman smartphone Huawei pada kuartal kedua tahun ini dan 34,2 juta pada kuartal ketiga.

Namun, larangan AS baru-baru ini, menghasilkan kekurangan pasokan untuk Huawei, memaksa perusahaan induk Honor untuk menjualnya pada bulan November untuk membebaskannya dari tindakan hukuman dan mengurangi kekurangan chipset Huawei sendiri.

CEO Huawei Zhengfei Ren mendorong Honor untuk menjadi saingan paling kompetitif dari bisnis yang dipimpinnya, dan terhubung dengan perusahaan teknologi canggih lainnya di seluruh dunia untuk berkembang secara mandiri.

2. Huawei

2020 telah menjadi tahun yang bergelombang bagi Huawei karena tuduhan AS meningkatkan permusuhan terhadap raksasa teknologi China di Barat. AS memberlakukan sanksi ketat pada September, melarang perusahaan yang menggunakan teknologi Amerika untuk memasok semikonduktor ke Huawei.

Meskipun Huawei menimbun persediaan dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), yang memasok chipset Kirin 9000, raksasa teknologi itu masih menghadapi tantangan serius yang membahayakan kapasitas pengirimannya. Bergulat dengan antagonisme dan kekurangan pasokan, Huawei menjual merek Honor anggarannya pada bulan November.

Selain itu, menyusul sanksi AS dan tuduhan tidak berdasar tentang hubungan Huawei dengan pemerintah China dan membahayakan keamanan nasionalnya, beberapa negara seperti Inggris dan Brasil telah melarang pemasangan peralatan 5G Huawei.

Namun Huawei telah melakukan perlawanan yang baik, mengantongi kemenangan dalam penjualan dan inovasi. Selama pandemi, perusahaan menyalip Samsung untuk menjadi penjual smartphone terbesar di dunia, sementara smartphone unggulan premium seri Huawei Mate 40 memulai debutnya pada bulan Oktober. Jajarannya dilengkapi dengan prosesor Kirin 9000, yang diklaim oleh Richard Yu, CEO Bisnis Pelanggan Huawei sebagai prosesor 5G 5nm paling kuat di dunia.

Harmony OS beta Huawei tersedia untuk pengguna dan pengembang pada bulan Desember setelah Google berhenti mendukung bisnis, tidak lagi mengirim pembaruan ke smartphone Huawei.

3. Lenovo

Perusahaan Terbaik Smartphone China

Perusahaan teknologi China Lenovo, yang terkenal dengan komputernya, meluncurkan lini game kelas atas Legion Pro pada bulan Juli tahun ini dan seri Lemon Lenovo K12 dan K12 pro pada bulan Desember. Smartphone kelas menengah K12 dan K12 pro dimaksudkan untuk menarik pengguna dengan harganya yang terjangkau, bersaing dengan Xiaomi, vivo dan OPPO. Mereka lebih lanjut menunjukkan tekad raksasa untuk menghidupkan kembali bisnis smartphone-nya.

Lenovo memasuki pasar smartphone pada tahun 2012, dan pada tahun 2014 merupakan vendor smartphone terbesar di Cina daratan. Pada 2017, perusahaan hanya menjual 1,79 juta unit di dalam negeri, dengan pangsa pasar hanya 0,4%.

Sementara bisnis smartphone perusahaan mungkin tidak begitu menarik, Lenovo mempertahankan gelarnya sebagai vendor komputer pribadi terbesar di dunia pada Oktober 2020, dengan pengiriman triwulanan meningkat menjadi lebih dari 18 juta unit untuk pertama kalinya, menurut data Gartner.

4. OnePlus

Pada tahun 2020, OnePlus meluncurkan tiga baris – seri OnePlus 8 termasuk OnePlus 8 dan OnePlus 8, Pro, serta OnePlus Nord kelas menengah – hanya tersedia di Eropa, India, Hong Kong, dan Malaysia. Plus, ia merilis flagship terbarunya, OnePlus 8T.

OnePlus 7 tahun telah memimpin pasar smartphone global. Di India, OnePlus melampaui Apple dan Samsung dan sekarang berada di puncak sektor smartphone premium negara itu, menurut data Counterpoint Research. Itu juga berada di urutan ketiga di pasar telepon premium di Eropa Barat. Di dalam negeri, OnePlus 8 mencapai penjualan 100 juta yuan hanya dalam satu menit setelah diluncurkan pada bulan April, dan tetap menjadi ponsel paling populer di JD.com sepanjang Oktober di antara perangkat Android 5G dalam kisaran harga 5.000 hingga 5.999 yuan.

5. OPPO

Selain kehadirannya di dalam negeri, OPPO telah sibuk memperluas jejaknya di Eropa. OPPO berada di urutan kelima di pasar Eropa Barat pada Q3 2020, memberikan pertumbuhan terkuat di kawasan ini, dengan peningkatan 566,2% dari tahun ke tahun.

Merek ini juga mendapatkan tempat dalam inovasi. Dalam konvensi teknologi tahunannya yang bertajuk OPPO INNO DAY dan bertema “Leap into the Future”, tiga produk konsep tampil pertama kali, termasuk handset rollable OPPO X 2021, OPPO AR Glass 2021 dan aplikasi OPPO CybeReal AR.

Pete Lau dari OnePlus bergabung dengan perusahaan pada bulan September sebagai wakil presiden senior dan chief product experience officer dari Guangdong Oujia Holdings Co., Ltd., OPPO, OnePlus dan co-investor realme, sementara juga mempertahankan perannya sebagai CEO OnePlus.

Lawrence Mitchelle

Back to top